06/07/11

BINGUNG UREA ? Tidak lagi....kan suda ada Custombio.....

CATATAN PENTING (Reserch Point)

1. Terjadi peningkatan efektifitas dan efisiensi pemupukan. Aplikasi pupuk tablet Custobio - Bio Max dengan dosis 8 - 9 tablet/ha bisa mengurangi/ menekan penggunaan Urea, KCl, TSP :
a. Urea     : 2 - 3 sak (100 - 150 kg/Ha)
b. KCl      : 0,5 - 0,75 sak (25 - 40 kg/Ha)
c. TSP     : 1 - 2 sak (50 - 100 kg/Ha)
 
2. Penggunaan pupuk tablet CustomBio dengan maksimum 15 tablet/ha tidak berpengaruh negatif pada tanaman dan malah dianjurkan, untuk mempercepat proses pembugaran tanah. Peningkatan jumlah mikroba bermanfaat didalam tanah berarti mengurangi jumlah mikroba patogen melalui kompetisi, mempercepat laju pembusukan/dekomposisi sisa sampah tanaman, meningkatkan ketersediaan unsur hara, meningkatkan kadar bahan organik tanah dan meningkatkan keseimbangan biologi tanah dalam jangka panjang.

3. Penggunaan air disesuaikan dengan luasan lahan dan populasi tanaman yang akan diaplikasikan. Gunakan air yang bebas pestisida dan fungisida kimia(sintetis). 1 tablet CustomBio dapat dilarutkan menjadi 3 -4 tangki knap sack (13 - 15 liter).

4. Pada saat musim kemarau penggunaan air bisa ditambah sampai 2 X lipat dari dosis biasanya.

5. Aplikasi dianjurkan pada pagi hari (tanah masih mengandung air atau embun) atau sore hari untuk menghindari sengatan matahari langsung (sebelum bakteri dan jamur beradaptasi dengan tanah) yang dapat menurunkan populasi aktif.

6. Alat/tangki untuk penyemprotan harus bersih dari pestisida, insektisida atau fungsida kimia.(Alat/tangki dicuci/dibilas berulang-ulang, dianjurkan menggunakan air hangat/panas, dan tidak dianjurkan mencuci tangki dengan sabun / deterjen karena dapat mengurangi efektifitas kerja mikroba)




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar